Pembuatan Animasi Film Pendek 1

Masyarakat Indonesia yang makin majemuk dan perkembangan media yang makin beragam membuat keadaan sosio-psikologis menjadi rumit sehingga dibutuhkan penetralisir untuk itu semua yang bisa menenangkan rakyat Indonesia yang sangat haus akan media, sementara mental bangsa kita adalah mental yang baru saja lepas dari penjajahan: merasa merdeka dan bebas tapi masih lemah secara fundamental dalam berbagai bidang dan aspek, terutama aspek penyaringan terhadap media dan pengaruh asing.
Untuk itu diperlukan penyadaran terhadap media, yang sering disebut dengan istillah asing media awareness, atau istilah yang lebih baru lagi: Media Literasi.
Media Literasi adalah kemampuan untuk menyaring pesan-pesan informasi, hiburan, dan iklan yang berasal dari media dan ada di sekitar kita sehari-hari. Mulai dari videoklip sampai halaman web, promosi produk sampai papan iklan. Yang perlu diperhatikan dan dipertanyakan adalah apa yang seharusnya tidak ada disana, dan apa yang seharusnya ada disana. Apa yang ada di balik itu semua: apakah motifnya, uangnya, nilainya, kepemilikannya? Sehingga perlu ada kesadaran tentang hal-hal yang berpengaruh ini.
Bahasan ini menyampaikan pandangan tentang media yang sarat dengan kebohongan dan manipulasi sementara masyarakat awam pada umumnya tumbuh dan berkembang bersama media. Masyarakat diharapkan dapat menyaring informasi dari media, mengetahui mana yang kebohongan dan mana yang berupa kenyataan, sehingga dapat mengambil hal-hal positif dan mengesampingkan hal-hal yang negatif dari media.
Dalam dunia pendidikan media, ada beberapa pertanyaan yang perlu diajukan: pesan ini untuk siapa? Siapa yang ingin menyampaikan pesan, dan kenapa? Cerita disampaikan dari sudut pandang siapa? Suara siapa yang didengar, dan siapa yang tidak? Strategi apa yang digunakan agar pesan ini menarik perhatian?
Menurut Jane Tallim, seorang spesialis pendidikan: ‘Dalam dunia yang penuh dengan multi-tasking, komersialisasi, globalisasi, dan interactivity ini, pendidikan tentang media bukan tentang bagaimana kita menjawab dengan benar, tetapi lebih kepada bagaimana mengajukan pertanyaan yang benar. Hasilnya adalah pemahaman yang benar dan berjangka panjang bagi pelajar dan masyarakat.’

http://zeckozo.blogspot.com/2010/04/pembuatan-animasi-film-pendek.html

0 komentar:

Posting Komentar