Social Networking

Social Networking atau Media sosial adalah adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content"

Di Amerika Serikat, Nielsen telah melakukan survei dan hasilnya adalah sekitar 44 persen pengguna ponsel akan membeli ponsel pintar di tahun depan. Penggunaan ponsel pintar ini otomatis akan mendorong penggunaan situs jejaring sosial karena kebanyakan ponsel pintar sudah memiliki integrasi dengan beberapa situs jejaring sosial.

a. Blackberry Massengger

Salah satu media sosial adalah Blackberry Messenger. Untuk berkomunikasi melalui BBM, setiap pengguna harus menggunakan pin yang menjadi identitas khusus pesawat Blackberry. Itu sebabnya layanan BBM hanya tersedia bagi pengguna Blackberry. Layanan BBM tidak sekadar dapat dipakai untuk ngobrol saja, tetapi juga dapat dipakai untuk saling berkirim gambar, video klip, pesan panjang, data kontat, data peta (yang diperoleh melalui GPS), dan sebagainya.

b. Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial. Pengguna aktifnya melebihi 800 juta orang. Sarana sosial ini menghubungkan orang-orang dengan teman dan rekan mereka lainnya yang bekerja, belajar, dan hidup di sekitarnya. Dengan slogan "Membantu Anda terhubung dan berbagi dengan orang-orang dalam kehidupan Anda" yang dalam bahasa inggrisnya adalah : helps you connect and share with the people in your life, Facebook adalah salah satu situs jejaring Sosial terbesar dengan pengguna terbanyak di dunia.

c. Skype

Media sosial selanjutnya adalah Skype. Media sosial kurang popular jika dibandingkan Facebook, Twitter, ataupun social networking lainnya. Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi peer to peer. Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya, menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zeenstrom dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika E-bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman.

d. LinkedIn

Kemudian ada LinkedIn. Dalam dunia professional, luasnya jejaring sosial yang kita miliki secara tidak langsung akan turut menentukan juga besar-kecilnya kesempatan menarik yang akan kita terima, baik itu berupa peluang bisnis, atau perkembangan karir. Karena biasanya, kita akan mengutamakan memberi peluang pada mereka yang kita kenal baik, dan sebaliknya. LinkedIn adalah situs jejaring sosial yang dibuat khusus untuk networking antara para professional. LinkedIn merupakan situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurutjasanya.CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006.

http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial

http://tekno.kompas.com/read/2011/12/30/09322836/5.Prediksi.Social.Media.di.2012

Winarno, Wahyu Wing. BlackBerry Smart Book Panduan Lengkap Mengoperasikan BlackBerry. Yogyakarta: Penerbit Multicom, 2010.

http://www.poztmo.com/2011/11/facebook-com.html

http://www.slideshare.net/nunukaprianto/skype-10391848

http://kangbayu.multiply.com/links/item/74/Multiply_Indonesia_di_LinkedIn?&show_interstitial=1&u=%2Flinks%2Fitem

http://id.wikipedia.org/wiki/LinkedIn

0 komentar:

Posting Komentar