PLANETARIUM

Banyak sekali sumber-sumber ilmu yang bisa kita dapatkan dengan berbagai cara menarik. Kita tidak hanya mengetahui dan mendapat informasi dengan hanya melihat, ataupun hanya mendengar. Penggabungan antara pendengaran dan penglihatan dapat divisualisasikan dan disajikan secara menarik sehingga kita dapat menyerap ilmu dengan lebih baik dan tidak membosankan. Pembelajaran-pembelajaran semacam ini bisa kita dapatkan salah satunya di Planetarium yang terletak di Jakarta.

Gedung Planetarium adalah tempat dimana kita dapat melihat simulasi benda-benda langit dan pergerakannya. Kita seolah-olah diajak mengembara jagat raya untuk memahami benda-benda lagit. Di Gedung Planetarium yang berada di Jakarta Pusat ini terdapat pula ruang pameran yang memajang foto-foto dan keterangan lengkap dari benda-benda langit, peralatan pengamatan antariksa, dan juga baju antariksa yang biasa digunakan para astronot untuk menjelajahi antariksa.

Pertunjukan teater bintang yang disuguhkan disana, memberikan kita sedikit pengetahuan mengenai bintang, planet, dan benda-benda langit lainnya. Pemandu acara memberikan keterangan-keterangan menarik mengenai fakta-fakta yang ada di luar angkasa. Salah satunya seperti jutaan bintang yang tidak akan pernah cukup umur kita untuk menghitungnya, maka para ahli membagi bintang-bintang ini menjadi 88 rasi bintang. Nama-nama rasi bintang itu berasal dari mitologi yunani seperti herkules, orion, Pegasus, dan yang lainnya, dan juga terdapat 12 rasi yang dikenal dengan nama zodiak; aries, taurus, gemini, cancer, leo, virgo, libra, scorpio, sagitarius, capricorn, aquarius, dan pisces. Tidak hanya itu, teater bintang juga mengenalkan kita pada planet-planet dan satelitnya yang ada di galaksi bima sakti dan juga bintang terbesar dan sejati yaitu matahari. Matahari adalah bola gas yang berpijar yang menjadi pusat sumber energi di lingkungan tata surya. Sedangkan planet-planet yang sudah kita kenal mengorbit mengitari matahari. Terdapat 8 planet yang dinamai menurut nama dewa dan dewi yunani dan satu planet kerdil yaitu Pluto. Planet terbesar dinamai Jupiter atau Zeus yang memiliki kekuasaan dan kendali atas alam yang juga sangat besar, kemudian, ada Merkurius atau Hermes, Venus atau Aphrodite, Mars atau Ares, Neptunus atau Poseidon dan, bumi, saturnus, uranus. Masih banyak lagi pelajaran-pelajaran berharga yang diberikan seperti mengenai komet dan meteor. Meteor yang lolos masuk ke permukaan bumi, telah mengalami pergesekan yang sangat hebat di atmosfir sehingga ketika jatuh ukurannya telah mengecil. Namun tetap saja dapat membuat kerusakan yang sangat luar biasa karena kecepatan jatuhnya yang juga sangat luar biasa. Bisa dibayangkan, bila bumi tidak memiliki atmosfer, keruasakan yang akan terjadi akan lebih parah karena kecepatan dan ukurannya meteor tidak mengalami hambatan dan gesekan-gesekan yang terjadi di atmosfer.

Oleh karena semua pengetahun-pengetahuan itu, bukan suatu hal yang membuang-buang waktu bila kita mampir dan meluangkan waktu untuk berwisata kesana. Selain kita terhibur dengan simulasi yang begitu menakjubkan, kita juga mendapatkan ilmu yang juga luar biasa. Dari sana, bisa kita simpulkan bahwa begitu luar biasa tuhan menciptakan manusia dan alam semesta. Seperti kata pemandu teater bintang di Planetarium, tetaplah bersyukur dengan apa yang telah Tuhan berikan kepada kita karena Tuhan sungguh telah sangat luar biasa menciptakan alam semesta dan hidup kita.

0 komentar:

Posting Komentar